Tugas Merangkum
A.
Pengertian
a)
Psikologi
Psikologi berasal dari bahasa Yunani psyche ( jiwa ) dan logos ( ilmu
pengetahuan ). Jadi, psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang jiwa.
Terdapat beberapa definisi psikologi, diantaranya :
·
Menurut Ensklopedia Nasional Indonesia, jilid 13
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang,
baik yang terlihat secara langsung maupun tidak langsung.
·
Menurut Muhibbin Syah
Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tingkah laku manusia
sebagai individu dan kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan dalam bentuk tingkah
laku terbuka dan tertutup.
b)
Pendidikan
·
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau
sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui proses pengajaran dan
pelatihan.
·
Menurut Sugihartono,dkk
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang dilakukan untuk
mengubah tingkah laku manusia baik secara individu maupun kelompok untuk
mendewasakan manusia tersebut melalui proses pengajaran dan pelatihan.
·
Menurut UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003 Pasal 1
ayat 1
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya, memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Jadi, dapat disimpulkan Psikologi Pendidikan merupakan cabang dari ilmu
psikologi yang mempelajaritentang penerapan teori – teori psikologi dalam dunia
pendidikan terhadap siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai tenaga
pendidik serta hubungan keduanya dengan lingkungan sekitar dalam proses
pendidikan dan pembelajaran.
B.
Sejarah Singkat Psikologi
Mulanya psikologi merupakan bagian dari filsafat, Pada
tahun 1879 Wihelm Wundt mendirikan Laboratorium psikologi pertama di Leipzig,
Jerman sekaligus menandai mandirinya ilmu psikologi.Maka dari itu, sejak 1880
hampir setiap Universitas di AS memiliki fakultas psikologi sendiri. Dalam
perkembangan selanjutnya banyak muncul tokoh – tokoh dan teori psikologi dari
seluruh penjuru dunia dan sejak tahun 1881 sebagai awal terbitnya jurnal
psikologi sampai sekarang.
C.
Bidang Kajian
Bidang Kajian Psikologi diantaranya :
· Psikologi Umum, membahas kondisi dan perilaku
manusia secara umum, maka dari itu sifatnya mendasar.
·
Psikologi Anak, membahas perkembangan dan
pertumbuhan manusia semasa kanak – kanak.
·
Psikologi perkembangan, membahas perkembangan
manusia sejak pra-kelahiran sampai usia lanjut.
· Psikologi Sosial, membahas kondisi dan perilaku
manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan pengaruhnya terhadap
perilaku.
· Psikologi Kepribadian, membahas dan mempelajari
sifat dan watak manusia, sepererti pemalu, penyabar, pemarah dll.
·
Psikologi Industri, membahas kondisi dan perilaku
manusia dalam lingkungan industri.
· Psikologi Abnormal, membahas perilaku – perilaku
menyimpang pada manusia sebagai wujud adanya gangguan mental.
D.
Peran Psikologi dalam Pendidikan
· Memunculkan sikap dan perilaku yang diinginkan
dan mengurangi bahkan menghilangkan perilaku yang tidak dibutuhkan dalam proses
belajar dan pembelajaran.
· Prinsip – prinsip psikologi berguna dan
bermanfaat untuk membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar secara formal
sebagai jalan membangun kedewasaan, pengetahuan, dan kepribadian.
· Hasil – hasil penelitian dalam psikologi dapat
digunakan guru untuk menambah wawasan dan memperbaiki proses pembelajaran.
Contohnya : Pemahaman dan minat siswa dalam mempelajari materi akan meningkat
ketika ada keterkaitan dengan pengetahuan dan manfaat bagi siswa.
· Psikologi turut andil dalam menentukan dan
menyusun tujuan, kurikulum, dan pengorganisasian pembelajaran serta membimbing
guru melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik.
E.
Tujuan Mempelajari Psikologi Pendidikan
- Dapat mempersiapkan pembelajaran dengan baik
- Memahami gejala – gejala psikologis siswa secara umum melalui sikap dan perilaku yang muncul selama proses pembelajaran
- Memahami kondisi dan gejala psikologis siswa secara khusus mencakup kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran.
- Memahami bagaimana melaksanakan proses pembelajaran dengan baik
- Memperlakukan siswa dalam proses pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kondisi masing – masing siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar