Senin, 07 Januari 2013

Psikologi Pendidikan

Tugas Merangkum

A.    Pengertian
a)      Psikologi
Psikologi berasal dari bahasa Yunani psyche ( jiwa ) dan logos ( ilmu pengetahuan ). Jadi, psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang jiwa.
Terdapat beberapa definisi psikologi, diantaranya :
·         Menurut Ensklopedia Nasional Indonesia, jilid 13
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang, baik yang terlihat secara langsung maupun tidak langsung.
·         Menurut Muhibbin Syah
Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tingkah laku manusia sebagai individu dan kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan dalam bentuk tingkah laku terbuka dan tertutup.
b)        Pendidikan
·         Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui proses pengajaran dan pelatihan.
·         Menurut Sugihartono,dkk
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang dilakukan untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia tersebut melalui proses pengajaran dan pelatihan.
·         Menurut UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Jadi, dapat disimpulkan Psikologi Pendidikan merupakan cabang dari ilmu psikologi yang mempelajaritentang penerapan teori – teori psikologi dalam dunia pendidikan terhadap siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai tenaga pendidik serta hubungan keduanya dengan lingkungan sekitar dalam proses pendidikan dan pembelajaran.
B.     Sejarah Singkat Psikologi
Mulanya psikologi merupakan bagian dari filsafat, Pada tahun 1879 Wihelm Wundt mendirikan Laboratorium psikologi pertama di Leipzig, Jerman sekaligus menandai mandirinya ilmu psikologi.Maka dari itu, sejak 1880 hampir setiap Universitas di AS memiliki fakultas psikologi sendiri. Dalam perkembangan selanjutnya banyak muncul tokoh – tokoh dan teori psikologi dari seluruh penjuru dunia dan sejak tahun 1881 sebagai awal terbitnya jurnal psikologi sampai sekarang.
C.    Bidang Kajian
Bidang Kajian Psikologi diantaranya :
·    Psikologi Umum, membahas kondisi dan perilaku manusia secara umum, maka dari itu sifatnya mendasar.
·        Psikologi Anak, membahas perkembangan dan pertumbuhan manusia semasa kanak – kanak.
·        Psikologi perkembangan, membahas perkembangan manusia sejak pra-kelahiran sampai usia lanjut.
·    Psikologi Sosial, membahas kondisi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan pengaruhnya terhadap perilaku.
·   Psikologi Kepribadian, membahas dan mempelajari sifat dan watak manusia, sepererti pemalu, penyabar, pemarah dll.
·        Psikologi Industri, membahas kondisi dan perilaku manusia dalam lingkungan industri.
·      Psikologi Abnormal, membahas perilaku – perilaku menyimpang pada manusia sebagai wujud adanya gangguan mental.


D.    Peran Psikologi dalam Pendidikan
·     Memunculkan sikap dan perilaku yang diinginkan dan mengurangi bahkan menghilangkan perilaku yang tidak dibutuhkan dalam proses belajar dan pembelajaran.
·       Prinsip – prinsip psikologi berguna dan bermanfaat untuk membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar secara formal sebagai jalan membangun kedewasaan, pengetahuan, dan kepribadian.
·  Hasil – hasil penelitian dalam psikologi dapat digunakan guru untuk menambah wawasan dan memperbaiki proses pembelajaran. Contohnya : Pemahaman dan minat siswa dalam mempelajari materi akan meningkat ketika ada keterkaitan dengan pengetahuan dan manfaat bagi siswa.
·  Psikologi turut andil dalam menentukan dan menyusun tujuan, kurikulum, dan pengorganisasian pembelajaran serta membimbing guru melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik.
E.     Tujuan Mempelajari Psikologi Pendidikan
  • Dapat mempersiapkan pembelajaran dengan baik
  • Memahami gejala – gejala psikologis siswa secara umum melalui sikap dan perilaku yang muncul selama proses pembelajaran
  • Memahami kondisi dan gejala psikologis siswa secara khusus mencakup kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran.
  • Memahami bagaimana melaksanakan proses pembelajaran dengan baik
  • Memperlakukan siswa dalam proses pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kondisi masing – masing siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar