Tugas Merangkum
A.
Pengertian Belajar
Menurut
Sugihartono Belajar merupakan proses untuk memperoleh pengetahuan dan
pengalaman yang diwujudkan dalam bentuk adanya perubahan tingkah laku (bisa
diamati/tidak bisa diamati) yang relatif permanen dan menetap disebabkan adanya
interaksi individu dengan lingkungannya.
Belajar
menekankan pada usaha siswa dalam belajar dan proses-proses yang menyertainya dalam
usahanya untuk mengadakan perubahan secara kognitif, afektif dan
psikomotoriknya.
Pembelajaran
menekankan pada pembahasan mengenai bagaimana seorang guru/pendidik
melaksanakan proses pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat belajar ecara
lebih baik.
B.
Faktor – faktor yang mempengaruhi proses belajar
Secara umum terdapat dua faktor yang mempengaruhi
proses belajar yaitu faktor internal ( Jasmaniah/fisik dan Pikologis/psikis)
dan faktor eksternal ( lingkungan sosial dan non sosial).
·
Faktor Internal
+ Faktor
Jasmaniah/Fisik, meliputi fungsi alat indera, fungsi anggota badan, bentuk
tubuh, dan kondisi fisik lainnya.
+ Faktor
Psikologis/psikis, meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi,
kematangan, kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, serta kepribadian siswa.
·
Faktor Eksternal
+ Lingkungan
sosial, meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyrakat
dan budayanya.
+ Lingkungan
non sosial, meliputi lingkungan alam dan lingkungan instrumental (seperti
kurikulum).
C.
Ciri perilaku belajar
·
Perubahan bersifat intensional (disadari dan
disengaja).
Artinya ada kesadaran untuk mencari pengetahuan.
·
Perubahan bersifat positif dan aktif
Positif artinya dari tidak tahu menjadi tahu.
Aktif artinya siswa sendiri yang berproses melakukan perubahan.
·
Perubahan bersifat efektif dan fungsional
Efektif artinya dapat bermanfaat bagi kita.
Fungsional artinya dapat dimunculkan kembali untuk memecahkan masalah.
D.
Wujud perilaku belajar
Terdapat beberapa bentuk perwujudan hasil belajar, yaitu :
·
Kebiasaan
·
Keterampilan
·
Bepikir asosiatif dan daya ingat
·
Berpikir rasional dan kritis
·
Sikap
·
Inhibisi
·
Apresiasi
E.
Pengertian Pembelajaran
Menurut Sugihartono dkk Pembelajaran merupakan sebuah
upaya yang dilakukan pendidik secara sengaja dengan tujuan menyampaikan ilmu
pengetahuan, mengorganisasikan, dan menciptakan suatu sistem lingkungan belajar
dengan berbagai metode sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara
optimal. Sedangkan pengertian belajar menurut Biggs dalam Sugihartono dkk
terbagi dalam tiga bentuk konsep pembelajaran yaitu Pembelajaran dalam
pengertian kuantitatif, Pembelajaran dalam pengertian institusional,
Pembelajaran dalam pengertian kualitatif.
F.
Metode – metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan cara dan usaha yang
dilakukan oleh guru sebagai pendidik dalam proses pembelajaran dengan tujuan
agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga siswa dapat belajar dan
memperoleh hasil yang optimal. Metode pembelajaran secara umum contohnya metode
ceramah, latihan, tanya-jawab, karyawisata, demonstrasi, bermain peran,
diskusi, maupun metode pemberian tugas dan resitasi.
G.
Peran Guru dalam Pembelajaran
Guru yang profesional merupakan guru yang memiliki tingkat
kemampuan dalam melaksanakan tugas keguruannya dengan baik (secara profesional)
sebagai profesinya (sumber kehidupan). Dalam melaksanakan profesinya, guru
dituntut memiliki beberapa kecapakan atau kompetensi yang kognitif, afektif,
dan psikomotorik.
Guru juga dituntut mampu menjalankan tugasnya sebagai
guru dan sebagai pendidik dalam bentuk peran – peran tertentu dalam usahanya
mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan potensi siswa. Peran – peran
tersebut mencakup Guru sebagai korektor, Inspirator, Informator, Organisator,
Motivator, Inisiator, Pembimbing, Demonstrator, Pengelola Kelas, Evaluator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar