Senin, 07 Januari 2013

Belajar dan Pembelajaran



Tugas Merangkum
A.    Pengertian Belajar
    Menurut Sugihartono Belajar merupakan proses untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang diwujudkan dalam bentuk adanya perubahan tingkah laku (bisa diamati/tidak bisa diamati) yang relatif permanen dan menetap disebabkan adanya interaksi individu dengan lingkungannya.
    Belajar menekankan pada usaha siswa dalam belajar dan proses-proses yang menyertainya dalam usahanya untuk mengadakan perubahan secara kognitif, afektif dan psikomotoriknya.
  Pembelajaran menekankan pada pembahasan mengenai bagaimana seorang guru/pendidik melaksanakan proses pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat belajar ecara lebih baik.
B.     Faktor – faktor yang mempengaruhi proses belajar
Secara umum terdapat dua faktor yang mempengaruhi proses belajar yaitu faktor internal ( Jasmaniah/fisik dan Pikologis/psikis) dan faktor eksternal ( lingkungan sosial dan non sosial).
·         Faktor Internal
+  Faktor Jasmaniah/Fisik, meliputi fungsi alat indera, fungsi anggota badan, bentuk tubuh, dan kondisi fisik lainnya.
+  Faktor Psikologis/psikis, meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, serta kepribadian siswa.
·         Faktor Eksternal
+   Lingkungan sosial, meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyrakat dan budayanya.
+    Lingkungan non sosial, meliputi lingkungan alam dan lingkungan instrumental (seperti kurikulum).
C.    Ciri perilaku belajar
·         Perubahan bersifat intensional (disadari dan disengaja).
Artinya ada kesadaran untuk mencari pengetahuan.
·         Perubahan bersifat positif dan aktif
Positif artinya dari tidak tahu menjadi tahu.
Aktif artinya siswa sendiri yang berproses melakukan perubahan.
·         Perubahan bersifat efektif dan fungsional
Efektif artinya dapat bermanfaat bagi kita.
Fungsional artinya dapat dimunculkan kembali untuk memecahkan masalah.
D.    Wujud perilaku belajar
Terdapat beberapa bentuk perwujudan hasil belajar, yaitu :
·         Kebiasaan
·         Keterampilan
·         Bepikir asosiatif dan daya ingat
·         Berpikir rasional dan kritis
·         Sikap
·         Inhibisi
·         Apresiasi
E.     Pengertian Pembelajaran
Menurut Sugihartono dkk Pembelajaran merupakan sebuah upaya yang dilakukan pendidik secara sengaja dengan tujuan menyampaikan ilmu pengetahuan, mengorganisasikan, dan menciptakan suatu sistem lingkungan belajar dengan berbagai metode sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal. Sedangkan pengertian belajar menurut Biggs dalam Sugihartono dkk terbagi dalam tiga bentuk konsep pembelajaran yaitu Pembelajaran dalam pengertian kuantitatif, Pembelajaran dalam pengertian institusional, Pembelajaran dalam pengertian kualitatif.
F.     Metode – metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan cara dan usaha yang dilakukan oleh guru sebagai pendidik dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga siswa dapat belajar dan memperoleh hasil yang optimal. Metode pembelajaran secara umum contohnya metode ceramah, latihan, tanya-jawab, karyawisata, demonstrasi, bermain peran, diskusi, maupun metode pemberian tugas dan resitasi.
G.    Peran Guru dalam Pembelajaran
Guru yang profesional merupakan guru yang memiliki tingkat kemampuan dalam melaksanakan tugas keguruannya dengan baik (secara profesional) sebagai profesinya (sumber kehidupan). Dalam melaksanakan profesinya, guru dituntut memiliki beberapa kecapakan atau kompetensi yang kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Guru juga dituntut mampu menjalankan tugasnya sebagai guru dan sebagai pendidik dalam bentuk peran – peran tertentu dalam usahanya mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan potensi siswa. Peran – peran tersebut mencakup Guru sebagai korektor, Inspirator, Informator, Organisator, Motivator, Inisiator, Pembimbing, Demonstrator, Pengelola Kelas, Evaluator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar