Tugas Merangkum
A.
Pengertian
Evaluasi menurut bahasa berasal dari bahasa Inggris
Evaluation yang berarti penilaian atau penafsiran. Menurut istilah evaluasi
merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan
menggunakan instrument dan hasil dibandingkan dengan tolak ukur untuk mencapai
kesimpulan. Evaluasi pendidikan adalah kegiatan evaluasi yang terjadi dalam
kegiatan pendidikan.
B.
Fungsi Evaluasi Pendidikan
Fungsi evaluasi secara
umum meliputi Fungsi administratif, Fungsi promosi, Fungsi diagnostik, dll.
Sedangkan fungsi evaluasi pendidikan secara spesifik, diantaranya :
Bagi
Guru
·
Mengetahui kemajuan belajar peserta
didik
·
Mengetahui kedudukan individu dalam
kelompoknya
·
Mengetahui kelemahan-kelemahan dalam
proses belajar mengajar
·
Memperbaiki proses belajar mengaja
Bagi
Peserta Didik
·
Mengetahui kemampuan dan hasil belajar
·
Memperbaiki cara belajar
·
Menumbuhkan motivasi dalam belajar
Bagi
Sekolah
·
Mengukur mutu hasil pendidikan
·
Mengetahui kemajuan dan kemunduran
sekolah
·
Membuat keputusan untuk peserta didik
·
Mengadakan perbaikan kurikulum
Bagi
Orang Tua
·
Mengetahui hasil belajar anaknya
·
Meningkatkan pengawasan dan bimbingan
serta bantuan kepada anak dalam belajar
·
Mengarahkan jurusan atau sekolah
lanjutan bagi anaknya
Bagi
Masyarakat dan Pemakai Jasa Pendidikan
·
Mengetahui kemajuan sekolah
·
Mengadakan kritik dan saran perbaikan
kurikulum
C.
Tujuan Evaluasi Pendidikan
Tujuan evaluasi antara
lain sebagai berikut :
·
Untuk mengetahui tingkat kemajuan yang
telah dicapai oleh siswa dalam suatu kurun waktu proses belajar tertentu.
- Untuk mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya.
- Untuk mengetahui tingkat usaha siswa dalam belajar
- Untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mendayagunakan kapasitas kognitifnya atau kemampuan kecerdasan yang dimilikinya untuk kemampuan belajar
- Untuk mengetahui tingkat daya guna dan hasil guna metode mengajar yang telah digunakan guru dalam proses belajar mengajar.
D.
Sifat Evaluasi Pendidikan
Sifat evaluasi antara
lain sebagai berikut :
- Kuantitatif
- Banyak gejala-gejala dalam pendidikan yang sifatnya abstrak dan kualitatif tetapi dalam evaluasi selalu diangkakan.
- Tidak Langsung
- Dalam mengevaluasikan harus menggunakan alat dan melalui prosedur yang sistematis tidak secara langsung dan melihat gejala atau cirri-ciri yang nampak.
- Relatif atau Tidak Mutlak
- Hasil penilaian setiap individu akan selalu berubah sesuai dengan dinamikanya.
- Setiap Penilaian Pasti Terjadi Kesalahan
E.
Prinsip Evaluasi Pendidikan
- Continue
- Obyektif
- Komperehensif
- Untuk mengevaluasi harus menggunakan alat yang baik, yaitu : Valid, Reliabel, Daya pembeda, Obyektif, Komprehensif, Terstandar, Praktis.
F.
Macam Teknik Evaluasi Pendidikan
Teknik
evaluasi ada 2 macam meliputi Teknik Tes dan Teknik Non Tes.
1. Teknik
Tes, Teknik tes dibedakan menjadi 3 yaitu :
·
Tes Diagnostik
·
Tes Formatif
·
Tes Sumatif
2. Teknik
Non Tes
·
Skala bertingkat
Skala ini menggambarkan
suatu nilai yag berbentuk angka terhadap suatu hasil pertimbangan.
·
Kuesioner
Kuesioner juga sering
dikenal sebagai angket. Kuesioner adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus
diisi oleh orang yang akan diukur (responden).
·
Daftar Cocok (Check List)
Yang dimaksud daftar
cocok adalah deretan pernyataan (yang biasanya singkat), dimana responden yang
dievaluasikan tinggal mmbubuhkan tanda cocok (√) di tempat yang sudah
disediakan.
·
Wawancara (Interview)
Wawancara (interview)
adalah suatu metode/cara yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari
responden dengan jalan tanya jawab.
·
Pengamatan (Observation)
Pengamatan/observasi
(observation) adalah suatu teknikyang dilakukan dengan cara mengadakan
pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematik.
·
Riwayat Hidup
Riwayat hidup adalah gambaran
tentang keadaan seseorang selama dalam masa kehidupannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar