Senin, 07 Januari 2013

Evaluasi Pendidikan


Tugas Merangkum
A.    Pengertian
Evaluasi menurut bahasa berasal dari bahasa Inggris Evaluation yang berarti penilaian atau penafsiran. Menurut istilah evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrument dan hasil dibandingkan dengan tolak ukur untuk mencapai kesimpulan. Evaluasi pendidikan adalah kegiatan evaluasi yang terjadi dalam kegiatan pendidikan.
B.     Fungsi Evaluasi Pendidikan
Fungsi evaluasi secara umum meliputi Fungsi administratif, Fungsi promosi, Fungsi diagnostik, dll. Sedangkan fungsi evaluasi pendidikan secara spesifik, diantaranya :
           Bagi Guru
·         Mengetahui kemajuan belajar peserta didik
·         Mengetahui kedudukan individu dalam kelompoknya
·         Mengetahui kelemahan-kelemahan dalam proses belajar mengajar
·         Memperbaiki proses belajar mengaja
 Bagi Peserta Didik
·         Mengetahui kemampuan dan hasil belajar
·         Memperbaiki cara belajar
·         Menumbuhkan motivasi dalam belajar
 Bagi Sekolah
·         Mengukur mutu hasil pendidikan
·         Mengetahui kemajuan dan kemunduran sekolah
·         Membuat keputusan untuk peserta didik
·         Mengadakan perbaikan kurikulum
 Bagi Orang Tua
·         Mengetahui hasil belajar anaknya
·         Meningkatkan pengawasan dan bimbingan serta bantuan kepada anak dalam belajar
·         Mengarahkan jurusan atau sekolah lanjutan bagi anaknya
 Bagi Masyarakat dan Pemakai Jasa Pendidikan
·         Mengetahui kemajuan sekolah
·         Mengadakan kritik dan saran perbaikan kurikulum
C.    Tujuan Evaluasi Pendidikan
Tujuan evaluasi antara lain sebagai berikut :
·         Untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu kurun waktu proses belajar   tertentu.
  •     Untuk mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya.
  •        Untuk mengetahui tingkat usaha siswa dalam belajar
  •    Untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mendayagunakan kapasitas kognitifnya atau kemampuan kecerdasan yang dimilikinya untuk kemampuan belajar
  •    Untuk mengetahui tingkat daya guna dan hasil guna metode mengajar yang telah digunakan guru dalam proses belajar mengajar.

D.    Sifat Evaluasi Pendidikan
Sifat evaluasi antara lain sebagai berikut :
  •          Kuantitatif
  •     Banyak gejala-gejala dalam pendidikan yang sifatnya abstrak dan kualitatif tetapi dalam evaluasi selalu diangkakan.
  •          Tidak Langsung
  •    Dalam mengevaluasikan harus menggunakan alat dan melalui prosedur yang sistematis tidak secara langsung dan melihat gejala atau cirri-ciri yang nampak.
  •          Relatif atau Tidak Mutlak
  •      Hasil penilaian setiap individu akan selalu berubah sesuai dengan dinamikanya.
  •          Setiap Penilaian Pasti Terjadi Kesalahan

E.     Prinsip Evaluasi Pendidikan
  •          Continue
  •          Obyektif
  •          Komperehensif
  •    Untuk mengevaluasi harus menggunakan alat yang baik, yaitu : Valid, Reliabel, Daya  pembeda, Obyektif, Komprehensif, Terstandar, Praktis.

F.     Macam Teknik Evaluasi Pendidikan
      Teknik evaluasi ada 2 macam meliputi Teknik Tes dan Teknik Non Tes.
1.                 Teknik Tes, Teknik tes dibedakan menjadi 3 yaitu :
·         Tes Diagnostik
·         Tes Formatif
·         Tes Sumatif
2.               Teknik Non Tes
·         Skala bertingkat
Skala ini menggambarkan suatu nilai yag berbentuk angka terhadap suatu hasil pertimbangan.
·         Kuesioner
Kuesioner juga sering dikenal sebagai angket. Kuesioner adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diukur (responden).
·         Daftar Cocok (Check List)
Yang dimaksud daftar cocok adalah deretan pernyataan (yang biasanya singkat), dimana responden yang dievaluasikan tinggal mmbubuhkan tanda cocok (√) di tempat yang sudah disediakan.
·         Wawancara (Interview)
Wawancara (interview) adalah suatu metode/cara yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan jalan tanya jawab.
·         Pengamatan (Observation)
Pengamatan/observasi (observation) adalah suatu teknikyang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematik.
·         Riwayat Hidup
Riwayat hidup adalah gambaran tentang keadaan seseorang selama dalam masa kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar